Rabu, 06 Maret 2013

Meditasi



Ada apa dengan Meditasi?


       Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang membicarakan tentang meditasi, entah itu pada obrolan sehari-hari, di blog, di facebook, tweeter dan banyak lagi. Saya pun penasaran dengan yang namanya ‘ meditasi’ atau ‘meditation’ dalam bahasa Inggrisnya, sehingga suatu hari saya mendapakatn e-mail dari Real Life English, grup bahasa Inggris yang saya ikuti secara on line, dari salah satu artikel di web sitenya, ada pembahasan tentang meditasi, saya buka dan saya baca, walaupun bahasa Inggris saya masih terbata-bata, namun saya sedikit mengerti intisari dari meditasi tersebut, selain itu saya juga menonton videonya, akhirnya saya semakin paham mengenai meditasi ini.

       Berikut cuplikannya:

       Here are some GENERAL MYTHS and TRUTHS about meditation.
MEDITATION IS NOT:
           Controlling your thoughts or trying to stop them (you sharpen your attention)
           Purely a relaxation technique (although this is a byproduct)
           An escape from reality (it’s more of a deepening of reality)
           A religious technique or a dogmatic system (although some religions do employ and even abuse it)
           The same thing as yoga
           As complicated and hard to learn as people think
MEDITATION IS:
           Sitting down in a quiet place (for optimal energy flow, cross your legs, but that isn’t always necessary. It can be on a cushion, pillow, on the ground, or even in a chair)
           Usually closing your eyes (some techniques have you open them though)
           Focusing your attention on your normal breath, a mantra, prayer, or even a candle   or some other physical object. It serves as an anchor to the present moment.
           A direct observation of with inner reality.
           A psycho-technology that is scientifically proven to dramatically improve mental functioning and psychological development.
           A practice of kindness/equanimity with yourself.





        Menurut Adjie Silarus, salah seorang Meditator di Indonesia, meditasi ternyata dapat mengembalikan pikiran menjadi lebih positif,  badan lebih sehat dan jiwa lebih tenang, karena dengan meditasi bisa membantu kita mengikis trauma masa lalu, karena kita dituntut untuk berdamai dengan diri sendiri apapun masalah yang kita hadapi. Meditasi membimbing kita menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. Meditasi membuat kita menganggap persoalan bukan sesuatu yang harus kita sesali, melainkan tantangan yang harus kita lalui. Meditasi mampu membuat kita kembali mencintai diri sendiri, mendekatkan diri pada Tuhan, dan mengubah hidup kita lebih positif.
       Mengapa meditasi bisa mengubah trauma menjadi lebih positif? Sebab, meditasi merupakan aktifitas menenangkan pikiran dan tubuh melalui pernafasan yang mendorong gelombang otak menjadi lebih tenang. Meditasi membuat kita fokus pada masa kini, bukan masa lalu ataupun masa depan. Ketika ketenangan sudah kita dapatkan, maka kita akan lebih menikmati hidup yang kita jalankan saat ini. Selain itu meditasi juga sangat membantu orang-orang yang sedang beajar bahasa, terutama bahasa asing, karena belajar bahasa asing membutuhkan konsentrasi, mengulang hapalan, pengorganisasian tugas, keseimbangan otak kanan dan kiri, menghargai diri sendiri ( mengurangi rasa takut ). ‘Meditation has been scientifically demonstrated again and again to dramatically improve mental functioning in many areas directly related to language learning: concentration, memory recall, task organization, right/left brain balance, self-esteem (fear reduction), amongst many other clear benefits’.
       Di tahun 2013 ini, ternyata Meditasi menjadi gaya hidup baru ( new life style) dan sudah mengglobal , meditasi  menjadi salah satu cara untuk merubah sikap dan pola pikir menjadi lebih positif dan lebih baik, karena terbukti banyak orang yang sudah mendapatkan dan merasakan manfaatnya, orang menjadi lebih rileks, lebih sehat , dan damai. Damai yang dimulai dari dirinya sendiri, keluarga, negara, dan seluruh dunia.

Personal Branding Agency, Indscript Creative
Manajemen Adjie Silarus, 268ED6C1
 

2 komentar:

  1. wah keren mbak sudah bikin 4 artikel ya :) hikks ketinggalan aku.

    BalasHapus
  2. trims dah berkunjung mbak!

    BalasHapus